Image
Oleh : Admin

Pulihkan Ekonomi Nasional, Pemkab Batu Bara Berikan Bantuan pada Nelayan

Jumat, 17-Desember-2021 19:43  |  Berita  

Batu Bara,

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP didampingi Kadis Perikanan, Antoni Ritonga, SP menyalurkan bantuan kepada nelayan. Bantuan ini diberikan secara simbolis di Kantor Dinas Perikanan, Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Jum’at (17/12/2021).

Bantuan ini merupakan salah satu langkah dalam mendukung program Pemerintah tentang Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pemerintah Kabupaten Batu Bara Tahun 2021. Sektor kelautan dan perikanan menjadi  fokus dalam PEN, sehingga Pemkab Batu Bara melalui Dinas Perikanan memiliki program kegiatan produktif dan berdampak langsung kepada nelayan, pembudidaya, pengelola dan pemasar hasil perikanan.

Bantuan-bantuan yang diberikan kepada pelaku utama perikanan ini merupakan bagian dari program yang telah dikerjakan oleh Dinas Perikanan Batu Bara. Misalnya saja, bantuan yang diserahkan Bupati Zahir kepada kelompok nelayan berupa 30 unit perahu lengkap dengan mesin dan alat tangkap. Selain itu, Pemprovsu juga berikan bantuan berupa asuransi nelayan untuk 565 orang nelayan, paket bantuan rumponikan, paket bantuan budidaya air payau dan paket bantuan budidaya air tawar.

Bantuan lainnya juga diberikan untuk 6 kecamatan pesisir berupa Mesin Diesel penggerak utama, JPS Fortebel, alat tangkap jaring udang siap pakai 74 utas. Bantuan tentang budidaya perikanan di seluruh kecamatan se – Kabupaten Batu Bara dalam bentuk bibit dan pakan ikan, bibit ikan hias, mesin pencetak pakan dan budidaya ikan dalam ember serta budidaya udang dalam terpal.

Program/kegiatan tersebut dilakukan sesuai arahan Bupati Batu Bara pada Dinas Perikanan yang telah merecofussing anggaran yang kurang produktif menjadi lebih produktif serta memiliki dampak langsung terhadap pemulihan ekonomi masyarakat sebagai dampak Pandemi Covid-19.

Dinas Perikanan juga terus berupaya dalam hal pelayanan publik kepada pelaku utama perikanan agar lebih mudah, cepat dan efisien. Dalam pelayanan publik di Era Digitalisasi Sektor Kelautan dan Perikanan Pemkab Batu Bara berinovasi menghadirkan aplikasi Si-Ikan Bara (Sistem Informasi Perikanan Batu Bara). Aplikasi ini akan memudahkan nelayan, pembudidaya, pengolah dan pemasar hasil perikanan dalam pengurusan pendaftaran kelompok perikanan, pendaftaran Kusuka (Kartu Pelaku Usaha Perikanan), Asuransi Nelayan, Pendaftaran Kapal Perikanan, dll.

Bupati-Zahir dalam sambutannya menyebutkan, agar penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan dan jangan dipindah tangankan. Para pelaku utama dan stakeholder perikanan agar bahu membahu mendukung program-program Pemkab Batu Bara demi mewujudkan masyarakat industri yang sejahtera, mandiri, dan berbudaya serta religius.

Sedangkan Kepala Dinas perikanan, Antoni Ritonga, disela-sela laporan kerjanya menyampaikan bahwa demi menggali dan memajukan potensi unggulan sektor kelautan dan perikanan akan terus berkomunikasi untuk sharing dengan Pemerintah Pusat dan Pemprovsu. Kemudian di tahun 2022 Dinas Perikanan akan berupaya mewujudkan Satelit/Vidiotron yang terhubung langsung dengan satelit Kementerian Kelautan dan Perikanan mengenai letak dan posisi penangkapan ikan di Wilayah Penangkapan Perikanan (WPP) 751 Selat Malaka, yang nantinya akan mengurangi konsumsi BBM nelayan Kabupaten Batu Bara.

Penyerahan bantuan dihadiri Ketua DPRD Batu Bara M. Safi’i, SH, Asisten II Drs.Sahala Nainggolan. MM, dan Ketua Kadin Batu Bara H. OK Faizal Abdul Djali, SE.