Image
Oleh : Admin

LOMBA MASAK IKAN TINGKAT KABUPATEN BATU BARA TAHUN 2021

Senin, 25-Oktober-2021 17:37  |  Artikel  

Dinas Perikanan Kabupaten Batu Bara bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Batu Bara melaksanakan Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Batu Bara Tahun 2021 di Halaman Kantor Dinas Perikanan, Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara, pada hari Selasa, 19 Oktober 2021 Pukul 13.00 WIB- Selesai.

Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Batu Bara ¬†mengusung tema ” Ayo Makan Ikan, Tingkatkan Imunitas, Lawan Covid 19 dan Cegah Stunting”. Peserta lomba merupakan TP PKK Kecamatan Se- Kebupaten Batu Bara yang terdiri dari 12 Kecamatan. ¬†Masing-masing kecamatan menyiapkan 2 orang peserta yang terdiri dari 1 orang Ibu Ketua TP PKK Kecamatan dan 1 orang pendamping dari PKK. Perserta diberi waktu 90 menit untuk mengolah ikan kembung menjadi makanan yang inovatif.

Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Batu Bara dibuka langsung oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batu Bara, Ibu Maya Indriasari Zahir, SE. Dalam pidatonya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batu Bara menekankan pentingnya peran Tim Penggerak PKK untuk memerangi angka stunting, dengan mensosialisasikan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) kepada masyarakat khususnya ibu hamil dan anak-anak.

Adapun tujuan dilaksanakannya Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Batu Bara untuk memotivasi masyarakat dalam menciptakan kreasi-kreasi menu berbahan baku ikan serta menyebarluaskan informasi manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak.

Berdasarkan keputusan dewan juri yang terdiri dari Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batu Bara (Ibu Maya Indriasari Zahir, SE), Dinas Kesehatan yang di wakili oleh (Ibu Jojor Delima Siregar, SKM, M.Kes) dan Ibu Kepala Bidang Pengolahan Hasil Perikanan (Ibu Juniar Pane, S.Pi), Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Batu Bara :

Juara 1 dimenangkan oleh TP PKK Kecamatan Tanjung Tiram

Juara 2 dimenangkan oleh TP PKK Kecamatan Lima Puluh

Juara 3 dimenangkan oleh TP PKK Kecamatan Datuk Lima Puluh

Dengan kriteria penilaian berdasarkan inovasi, cita rasa, penyajian, kebersihan dan ketepatan waktu..

Ikan Kembung Isi Paria Saos Udang (TP PKK Kecamatan Tanjung Tiram)

Otak-otak Ikan Kembung Krispi  (TP PKK Kecamatan Lima Puluh)

Otak-otak Kembung Bakar (TP PKK Kecamatan Datuk Lima Puluh)