Image
Oleh : Admin

GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN)

Kamis, 23-September-2021 09:08  |  Artikel  

DINAS PERIKANAN KABUPATEN BATU BARA MELAKSANAKAN KEGIATAN GEMARIKAN (GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN)

 

 

 

Gemarikan adalah salah satu program pemerintah sebagai upaya memasyarakatkan makan ikan kepada masyarakat, guna untuk meningkatkan gizi dan untuk mengurangi angka stunting yang masih relative tinggi di Indonesia. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Perikanan Kabupaten Batu Bara melaksanakan kegiatan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dengan tema “Ayo Makan Ikan, Tingkatkan Imunitas, Lawan covid-19 dan Cegah Stunting”.

Kegiatan gemarikan di laksanakan di 2 desa lokasi khusus (lokus) stunting yaitu Desa Kampung Kelapa Kecamatan Air Putih dan Desa Dwi Sri Kecamatan Laut Tador. Dinas perikanan membagikan paket ikan segar dan nasi ikan kepada peserta yang terdiri dari anak stunting, ibu hamil dan lansia. Pelaksanaan Kegiatan Gemarikan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Harapannya, dengan dilaksanakan kegiatan gemarikan dapat memberikan manfaat ganda , selain meningkatkan angka konsumsi ikan, juga dapat mempengaruhi keberlangsungan industri pengolahan ikan, kesejahteraan nelayan dan pembudidaya ikan. Pelaksanaan kegiatan Gemarikan ini bersumber dari dana APBD Dinas Perikanan Kabupaten Batu Bara Tahun Anggaran 2021.