Image
Oleh : Admin

DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN HASIL PERIKANAN

Kamis, 23-September-2021 12:25  |  Artikel  

PELATIHAN DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN HASIL PERIKANAN

Pelatihan diversifikasi produk olahan hasil perikanan adalah pelatihan  penganekaragaman produk berbahan baku ikan, seperti nugget, abon, kerupuk, empek-empek, terasi dll. Tanpa adanya  upaya   diversifikasi maka permintaan ikan dari pasar cenderung stagnan.

 

Oleh karena itu Dinas perikanan Kabupaten Batu Bara melakukan kegiatan pelatihan diversifikasi produk olahan hasil perikanan di desa lokus stunting yaitu  pelatihan pengolahan terasi di Desa Tanjung Mulia Kecamatan Nibung Hangus dan pelatihan pengolahan empek-empek ikan tenggiri di Desa Tanah Rendah Kecamatan Air.

 

 

Melalui kegiatan ini masyarakat diajak untuk dapat mengolah makanan berbahan dasar ikan menjadi berbagai macam inovasi menu dan juga dapat di praktekan dirumah untuk pemenuhan gizi keluarga dan peningkatan imun tubuh pada masa pandemi covid 19. Harapannya kedepan, masyarakat dapat memaksimalkan potensi perikanan Kabupaten Batu  Bara baik dari hasil pembudidaya ikan ataupun hasil tangkapan nelayan, sehingga tidak hanya di jual segar tetapi dapat menjadi produk olahan ikan. Olahan Diversifikasi produk perikanan dapat meningkatkan harga dan daya saing produk perikanan (value added) dan juga menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

 

Pada kegiatan pelatihan diversifikasi produk olahan perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Batu Bara bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara yang di wakili oleh ibu Jojor Delima Siregar, SKM, M.Kes, untuk ikut serta mensosialisasikan pencegahan stunting dengan meningkatkan gizi masyarakat terutama anak-anak pada masa tumbuh kembang, karena peningkatan gizi melalui Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) diawali dengan penyediaan penganekaragaman menu yang disediakan keluarga dengan sajian yang lebih menarik dan bervariasi.